Music Director,I am

Dalam sebuah radio,Music adalah urat nadinya…..apapun segmennya,apapun programnya,music tetap sebagai bagian penting yang menjadi warna dari sebuah radio. Disitulah peran penting seorang Music Director yang selama ini sering dianggap sepele posisinya. Bahkan yang aku tau,dari 100 radio mungkin hanya 50 radio yang sudah mengerti arti penting posisi Music Director,masih banyak radio yang merasa,tidak perlu ada seorang MD karena music hanya bagian kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja,PD ato bahkan penyiar sendiri. Sedih kadang melihat fenomena itu….tapi sulit juga memberi pengertian kepada para pemilik radio akan hal itu.

Bersyukur kalo sekarang sudah mulai banyak radio yang menempatkan seorang MD di dalam struktural radionya. Bagaimana dan seperti apa peran Music Director itu sendiri???

Mungkin,tidak semua Music Director berasal dari broadcaster yang melewati program pendidikan kusus,hampir semua adalah mereka yang pernah siaran,atau memang penyiar. Dan menurutku,memang mutlak hukumnya,seorang Music Director adalah mereka yang berasal dari penyiar,artinya,pernah siaran dan mengalami proses training menjadi penyiar. Karena hal paling dasar yang dimiliki seorang Music Director adalah suka musik,mengerti musik dan selalu belajar tentang musik. Apa jadinya kalo Music Director tidak berangkat dari siaran,hanya berbekal teori dan ngerti musik. Music Director bukan saja hanya mengerti musik,tapi lebih dari itu,ada kepekaan dan mampu menyelaraskan antara musik yang di tata dengan program yang ada,tentu saja juga harus punya taste bahwa music yang di rancang itu sesuai dengan segmen pendengar radionya.

Disini aku bukan mau menggurui ato sok pintar,hanya ingin berbagi pengalaman,karena akupun bukan seorang Music Director yang hebat. Aku hanya beruntung punya pengalaman lebih disini,dengan puluhan tahun berkecimpung di dunia radio,dan aku selalu menganggap diriku bukan hanya Music Director,tetapi seorang broadcaster,kenapa aku berani mengatakan aku sebagai seorang broadcaster?karena selama puluhan tahun di dunia radio,semua pekerjaan dan posisi pernah aku lewati,dari masa-masa training menjadi seorang penyiar,sampai sebagai produser,produksi,scriptwritter,bahkan Programme Director juga Event Organizer radio. Sampai akhirnya,aku memutuskan lebih konsisten sebagai Music Director sampai sekarang. Masa-masa bikin playlist harian sudah aku lewati bertahun-tahun. Memilih music yang bagus dan enak di dengar untuk pendengar,sepertinya mudah,memang saat ini semua terlihat mudah,dengan kecanggihan teknologi yang sangat memudahkan pekerjaan seorang MD.

Memilih music yang bagus dan enak di dengar untuk pendengar,sepertinya mudah,memang saat ini semua terlihat mudah,dengan kecanggihan teknologi yang sangat memudahkan pekerjaan seorang MD. Banyak pilihan software yang bisa di pakai,dari Winamp yang sangat sederhana sampai Raduga,Zara,Jazler masih banyak lagi…..

ini contoh Zara

Nah ini contoh software ZaraRadio,mirip dengan Raduga tapi lebih lengkap dan nyaman menggunakannya,menurutku lhooo….

atau ini yang sedikit ribet tapi memudahkan bikin playlist 🙂 

jazler

Aku tidak terlalu pintar dengan hal-hal teknis semacam ini,cuma sedikit pengetahuanku,ada banyak temen-temenku MD yang jauh lebih menguasai piranti semacam ini.

Hanya contoh bahwa software2 itulah yang sekarang banyak di pakai radio station untuk memudahkan penyiar siaran juga MD menyusun lagu-lagunya di playlist.

Banyak yang pengen aku share pengalamanku sebagai Music Director,lebih banyak menyenangkan daripada yang menyusahkan.

Kapan-kapan kali’ ya aku crita-crita lagi hehehhehe

Eh udah mau tengah malem nih,penghujung tahun 2011,siap menyongsong tahun 2012. Hmmmm….bagaimana kondisi radio di tahun 2012 ya…..pasti banyak yang lebih seru lagi kususnya,gimana perkembangan dunia per-MD-an tahun 2012 ya….aaah semoga semakin baik dan semakin solid hubungan antar Music Director seluruh Indonesia.

Keep spirit High 🙂

2 thoughts on “Music Director,I am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s