Lifestyle

#6 Survive Dari Kota ke Kota


Kalau ngomongin kota yang pernah jadi tempat aku tinggal, nggak banyak sih. Tapi lumayanlah buat disebut anak perantuan hehehe

1. Lampung, Tempat kelahiranku.

Ini tempat pertamaku, alias tempat aku lahir sampe selesai SMA. Lampung itu luas yaaa….jadi Lampungnya dimana iniiii…

Nama kampung halamanku itu Hanura, singkatan dari Hati Nurani Rakyat. Berada di kecamatan Padang Cermin Lampung Selatan. Tapi sekarang nama desa itu berubah, karena aku udah lebih 20 tahun kabur dari kampung halaman jadi malah nggak ngeh kalau udah beda namanya hehehhe

Tempatnya sekitar 12km dari Teluk Betung, Bandarlampung. Dulu sih keliatan jauh, tapi sekarang kalau pas pulang kampung kok terasa lebih deket, mungkin karena jalanan udah bagus, udah rame pula. Nggak kaya dulu, sepanjang jalan kalau mau ke kota hutan melulu.

Aku menghabiskan masa sekolah di desaku, Hanura, SMP pindah ke kota Metro, Lampung Tengah, sampai SMA. Setelah lulus, melarikan diri ke kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Magelang, Jawa Tengah sebagai ‘Kawah Candradimuka’.

Di kota ini, lebih banyak ceritanya. Aku anggap, di kota inilah proses pendewasaanku, dari remaja menjelang dewasa, sampai menikah, punya anak, pun sampai berpisah dengan ayahnya anakku. Dari cerita suka penuh warna, sampai cerita suram. Komplit terjadi di kota ini.
Oya, awal karirku di dunia radio juga terjadi di Magelang ini. Dari iseng ikutan lomba siaran, sampai akhirnya diterima sebagai penyiar remaja, lalu belajar banyak tentang dunia siaran dan musik. Kalau bukan dari radio di Magelang itu, aku belum tentu menjadi seperti sekarang.

Buatku, kota Magelang itu semacam ‘Kawah Candradimuka’. Itu istilah buat tempat penggemblengan seseorang dari yang tidak tau apa-apa menjadi tau, dari yang lemah menjadi kuat. Kalau terjemahan bebasku sih, tempat melatih mental hehehe

3. Semarang, Kota Pelarian.

Aku sempat setahun tinggal di Semarang. Kota yang tidak pernah terbayangkan akan aku tinggali. Kalau aku menyebut kota Semarang itu sebagai tempat pelarianku hehehe
Ketika problematika hidup mulai ruwet, kebetulan dapet tawaran kerja di radio Semarang. Tanpa pikir panjang, langsung aku terima. Akhirnya, selama setahun aku mondar-mandir Semarang – Magelang, kalau weekend pulang ke Magelang karena anakku masih di Magelang. Gitu terus sampe akhirnya menyerah dengan kota Semarang.

4. Yogyakarta, Kota pendewasaan.

Ini kota yang udah sejak lama aku inginkan untuk aku tinggali. Akhirnya keturutan juga, lelah dengan kota Semarang, kaburlah ke Jogja. Nah kalau Jogja ini, aku anggap sebagai kota pendewasaanku. Baik secara mental maupun pola pikir.
Di kota ini aku belajar berinteraksi dengan banyak orang, belajar bersosialisasi dengan benar. Menurutku, Jogja itu memang tempat yang tepat buat belajar semua itu. Dibanding kota lainnya, termasuk lama aku tinggal di Jogja. Dari masih cupu dalam dunia Music Director radio, sampai dianggap senior. Dari buta teknologi, apapun bentuknya, sampai lumayan ngerti minimal agak nyambunglah kalau diajak ngobrol hal itu hehehe
Dari nggak punya teman, sampai berkelimpahan teman. Niatnya, nggak pengen pindah kemana-mana lagi, di Jogja aja terus. Pokok’e nek ra jogja, ora! Tapi…..

5. Jakarta, kota tempatku berjibaku dengan kebutuhan hidup.

Setelah bertahan 12 tahun di Jogja dan gak pengen pindah, tapi ternyata ada situasi dan kondisi yang mengharuskan aku meninggalkan kota kesayanganku itu. Melalui proses perenungan yang mendalam, perang batin selama setahun, akhirnya aku memutuskan, pindah ke Jakarta. Alasan utamaku, biar deket anakku. Puji Tuhan, ada aja jalannya. Sekarang aku di Jakarta, tempat dimana aku banyak merunduk. Belajar kembali hal-hal baru. Dan tentu saja, berjibaku dengan kebutuhan hidup.

Ternyata, sepanjang hidupku, aku melewatinya dengan beberapa kota. Mungkin ini hasil dari ‘kenekatanku’, keluar dari kota kelahiran sendirian, bisa jadi nanti kembali ke sana…..tetap sendirian juga heuheuheu…

 

Stalom,

~mommyjeci~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s