Lifestyle

#2 Tema Hati Melulu


Katanya, kalau mau serius bikin blog itu, harus punya ciri khas, mau tema seperti apa blognya. Kalau para blogger bilang, niche blognya jelas biar jelas juga sasarannya, ibarat radio ya segmennya jelas, jadi format musik dan programnya ketauan akan seperti apa.

Kalau ngomongin radio sih aku paham betul, tapi kalau soal blog? Aku termasuk bebal ngikutin saran orang, bahkan teman-temanku blogger yang udah panen dollar itu sampe kesal, “Niche blogmu lho yang jelas dulu”.

Yayayaya……itu memang benar, niche itu penting untuk sebuah blog. Apalagi kalau mau digarap serius yang akhirnya nanti bisa monetize gitu, wajib sih menentukan niche gitu. Sementara aku, merasa blog cuma buat tumpahan uneg-uneg aja, nulis ya nulis aja, ga mikirin mau nichenya apa. Yaaah gimana mau profesional kalau kaya gitu hahahaha

Jadi kalau ditanyain, “Niche blognya apa?”
Iseng aja aku jawab,

Tema tentang hati dan persoalannya.

Sebenernya, nggak sengaja juga mau konsisten di area itu, cuma setiap kali ada hasrat menulis, kok yo selalu pas nemu tema yang gak jauh-jauh dari urusan hati. Walau nggak semuanya sih, tapi misal ada 100 tulisan, 75nya itu soal hati!!

Apakah semuanya tentang diriku sendiri?

Nggak juga sih, kebanyakan malah hasil mendengar curhatan orang. Atau, melihat kegalauan orang di sosial medianya, tiba-tiba muncul ide buat bikin tulisan dari status orang itu. Kalau mau dibuat tema garis besarnya, lebih ke pengalaman hidup.

Pengalaman hidupku, yang aku bagikan ke orang lain. Kesalahan-kesalahanku di masa lalu, aku bagikan ke orang lain buat pelajaran supaya orang yang membacanya tidak melakukan kesalahan yang sama.

Ada alasan kusus?

Ya nggak juga.
Cuma karena aku merasa lebih bisa ngomong banyak aja kalau temanya itu. Lebih menguasai materinya. Bukan karena aku lebih hebat atau sok bijak, tapi karena aku sudah pernah ngalamin, atau aku sudah mengalami lebih dulu jadi ya lebih gampang membahasnya. Dan bahasanya juga sederhana, bahkan aku sering memakai bahasa sehari-hari.

Melebarkan Tema

Kalau dipaksa harus menulis tentang wisata atau jalan-jalan, gimana aku mau nulis orang aku ga terlalu suka jalan-jalan dan ga pernah berwisata. Blogku kan personal, masak aku harus googling dan copas tulisan orang. Aneh aja sih.
Terus ngomongin gadget? Halah! Aku ini termasuk yang agak gaptek, gak terlalu ngerti soal begituan, apalagi kok suruh review, malah apalah jadinya.

Udahlah, aku nulis yang sesuai kapasitasku aja, kalaupun mau melebarkan tema, mungkin sedikit ngomongin soal musik, itupun sangat personal. Walaupun latar belakang pekerjaanku dekat dengan musik, tapi aku bukan orang yang pandai memilih redaksional yang pas buat bicara soal musik secara detil. Seperti teman-temanku yang lebih pandai dengan istilah-istilah musik itu.

Intinya, tema yang aku sukai dalam menulis blog itu adalah tema sehari-hari. Entah itu soal keluarga, pekerjaan, atau kebiasaan orang pada umumnya. Apa aja bisa aku tulis, tidak terpaku pada niche tertentu.

Jadi, kalau mau jalan-jalan ke blogku, jangan berekspektasi tinggi. Nggak akan nemu tulisan dengan tema yang luar biasa. Jangan juga berharap nemu gaya tulisan yang baku, aku masih harus belajar banyak kalau mau membuat tulisan dengan bahasa yang baik dan benar hehehhe

Bahkan aku aja nggak PD dengan tulisanku sendiri. Lebih gak PD lagi kalau tulisanku dibaca orang.

Lah terus?? Buat apa nulis blog kalau takut dibaca orang?

Padahal aku pernah denger cuplikan kalimat dari sebuah drama korea (kok aku lupa drama apa),

“Yang penting sudah mencoba, kita tidak akan pernah membuat perubahan kalau tidak pernah berani mencoba. Jangan merasa tidak percaya diri, supaya kamu bisa mengukur kemampuanmu”

Kurang lebih seperti itulah.

So??? Langkah pertama yang aku ambil untuk menguatkan rasa percaya diri dalam menulis blog adalah melatih kebiasaan menulis dengan konsisten tiap hari membuat sebuah tulisan. Dan program #30DayBlogChallenge dari bloggerperempuan.co.id ini sangat menguntungkan buatku. Paling tidak, bisa memaksaku untuk menulis blog setiap hari dengan tema yang berbeda.

Kalau kata sahabatku Nuno Orange  yang udah hits jadi blogger itu, “Jangan minder”.

Oke baiklah.

Syalom,

~MommyJeci~

2 thoughts on “#2 Tema Hati Melulu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s