Lifestyle

#1 Kenapa Nulis Blog?


Seperti tema hari pertama #BPN30dayChallenge2018 “Kenapa Nulis Blog?”, pertanyaan itu sama dengan yang banyak orang ajukan ke aku, karena aku tidak dikenal orang sebagai blogger, jadi wajar aja ketika banyak orang terutama yang kenal sama aku bertanya begitu.

“Kenapa to kok seneng nulis di blog?” atau “Mami blogger? Kok sering nulis blog?”
Jawabanku biasanya,”Aku ga merasa sebagai blogger juga sih,cuma seneng nulis aja di blog”.

Jadi kenapa?

Pada dasarnya, dari kecil dulu seneng coret-coret, seneng nulis surat dengan kalimat-kalimat panjang. Seneng bercerita dalam tulisan. Karena dulu waktu kecil, sampai remaja, tergolong orang yang susah ngomong atau mengungkapkan isi hati (tsaaah) jadi ya coret-coret aja di buku. Bahkan kadang buku pelajaran ada aja
tulisan ngaco di beberapa lembarnya atau di lembar belakang. Sempet juga rajin nulis di buku harian jaman SMA, isinya ya kegiatan hari itu, malah kalau kupikir itu semacam jurnal hahaha

Tapi, dari situlah kebiasaan nulis kebawa sampe dewasa. Walau ketika dewasa udah nyaris ga pernah nulis-nulis lagi. Sampai kemudian, ketemulah dengan yang namanya Friendster. Sosial media yang hits pada jamannya. Di FS ada fitur blognya, nah mulai deh kembali menuangkan segala keluh kesah disitu. Berhubung tulisanku udah pasti alay banget kalau dibaca sekarang, jadi mending nggak usah dibahas aja isi blog di FS itu.

Berkenalan dengan ‘diary versi digital’.

Aku ingat pertama kali aku kenalan dengan yang namanya blog itu lewat platform wordpress. Ketika aku sedang asik nulis-nulis di FS, temen kantorku bilang, “Kalau kamu suka nulis-nulis gitu, mending bikin blog aja”.

Saat itu, aku masih gak paham apa itu blog, sampai aku lihat gimana temenku bikin tulisan bagus-bagus di blog wordpressnya. Dari situlah aku mulai tertarik, dan minta diajarin. Aku harus berterimakasih sama temanku itu :*

Jadi, kesukaanku nulis blog itu sebenernya karena keasikan mainan ‘diary digital’ itu hehehe

Makin suka nulis blog

Seperti yang lainnya, bermula dari nulis tentang diri sendiri. Sampai kemudian berkembang bahkan ada yang sampai bisa menghasilkan.
Kalau aku? Bermula dari nulis tentang diri sendiri, sampai sekarang ya masih tentang diri sendiri heuheuheu…..

Cuma bedanya, sekarang lebih luas temanya, nggak melulu curhatan pribadi, tapi tetap sih nggak jauh-jauh dari yang namanya curhat. Makin kesini makin berisi curhatan banyak orang.

Karena dalam dunia nyata, aku sering jadi tempat curhat, kebanyakan sih curhat masalah hati. Entah itu soal gebetan, pacar, pasangan hidup sampai soal anak dll. Satu atau dua tema curhatan itu kadang menarik buat aku tumpahkan dalam sebuah tulisan. Apa dan gimana permasalahan mereka, sampai solusinya.

Kupikir, bisa jadi banyak orang di luar sana juga mengalami kegalauan yang sama, tapi belum tentu mendapat teman yang pas buat diajak sharing, Daripada aku selalu memberikan solusi yang sama untuk kasus yang sama dari orang yang berbeda, ya mending aku tulis aja di blog.

Jadi, kalau ada yang curhat ke aku dengan kasus yang pernah aku dengar, kadang ya aku bilang aja, “Coba kamu baca blogku yang judulnya ini, sama persis dengan kasusmu”.

Bukankah pengalaman orang lain bisa jadi pelajaran buat yang lainnya?

Sesederhana itu alasanku nulis blog, dengan bahasaku sehari-hari aku bisa menuangkan banyak kata yang memenuhi otakku ke dalam tulisan di blog, entah itu pengalamanku sendiri, atau pengalaman orang lain yang aku tuliskan, semoga bisa buat belajar untuk yang lainnya.

Kalau para blogger hebat disana itu sering bikin review tentang produk, aku juga bikin review, iya review….review hati.

 

Ehtapi, sekarang mulai belajar nulis dengan tema umum kok, kadang yang gak jauh-jauh dengan musik, atau parenting. Yaaaah….asal yang baca gak ketinggian ekspektasinya karena tulisanku sangat personal, alias pakai asas dasar ‘menurutku’ hehehhe

Syalom

~mommyjeci~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s