Music

Masih Ada…..


The 90s Festival 2018 – Belum lama ini aku dapet kesempatan nonton event 90’s Festival, seperti judulnya, yang performe juga angkatan 90an. Walau kalau menurutku sih, beberapa yang tampil gak semua populer di era itu. Tapi baru populer setelah tahun 2000-an. Dan kebanyakan yang tampil pun populer di penghujung 90an, alias sudah mendekati tahun 2000. Itu sih sebenernya yang jadi alasanku agak tidak terlalu pengen nonton. Yaah mungkin yaa karena aku generasi pertengahan 80-an ke pertengahan 90-an, jadi berharapnya yang tampil musisi populer di era awal 90an. Hehehhe. Eh tapi bukan berarti aku nggak menikmati panggung 90’s festival loh ya, setidaknya masih ada nama 2D, Dian PP dan Deddy Dhukun yang muncul. Nah diantara banyak nama di line up 90’s festival itu, cuma di panggungnya 2D ini aku beneran fokus nontonnya, berdiri depan eh samping depan, dan menikmati setiap lagu yang dibawain.

Kebanyakan yang memenuhi depan panggung 2D ya kurang lebih sepantaranku, banyak om-om dan tante-tante, yang kali aja ‘anak gaul’ pada jamannya.

Kalau aku perhatiin kemaren, sepertinya tampilan 2D ini malah nggak terlalu menarik minat nonton para generasi 90-an akhir, yang di tahun itu mungkin masih SD atau SMP. Karena generasi mereka lebih tertarik menikmati B3, Kidnap Katrina, Wayang, Funkop atau juga Bunga. Panggung-panggung yang justru aku nikmati dengan sambil lalu aja. Bukan aku ga suka dengan mereka semua itu, tapi sensasi ngefansnya udah lewat, alias jaman mereka ngetop, aku udah bukan remaja lagi. Udah kerja dan malah udah menikah heuheuheu…
Jadi kebanyakan yang memenuhi depan panggung 2D ya kurang lebih sepantaranku, banyak om-om dan tante-tante, yang kali aja ‘anak gaul’ pada jamannya hahahha

Suara Dian PP merdunya masih sama kok dengan yang aku denger jaman aku SMA dulu.

Begitu Dian PP nongol di panggung, aku sedikit kaget, “Yaampun Dian kurus banget”. Mungkin karena aku gak pernah kepo liat-liat foto update Dian PP di internet, jadi baru tau kalau dia sekarang kurus banget. Tapi hal itu lalu terabaikan begitu Dian mulai nyanyi, menurutku merdunya masih sama kok dengan yang aku denger jaman aku SMA dulu. Iyaaaa iyaaaa….nggak usah protes,

“Yakin mami 90an masih SMA?”.

Maksudkuuuu…..aku udah tau Dian PP pas masih SMA, tahun 83 atau 84 itu kan udah ada tuh lagunya Dian PP, dulu sering banget diputer temen sekolahku. Aku masih inget cover kasetnya warna biru, tadinya aku lupa apa judul dan albumnya. Terus aku tanya mbah Google deh, ternyata judulnya “Melati Di Atas Bukit”, judul albumnya Indonesian Jazz Vocal. Agak aneh sih sebenernya, aku bukan penggemar jazz, bahkan saat itu aku ga paham-paham amat jenis-jenis aliran musik. Ngertiku ya pop aja. Tapi mungkin waktu itu aku suka ama suaranya, atau aku terpengaruh temenku yang saking addictnya sampe pita kaset ‘nglokor’ alias kusut karena diputer terus.

Aku baru bener-bener ‘ngeh’ sama Dian PP itu ketika keluar album “Kau Seputih Melati” tahun 1986.

Itupun ya sebatas ngeh aja, tau ada nama Dian Pramana Poetra, gitu doang belum sampe ngefans. Cover album warnanya biru muda. Tau kasetnya juga kayaknya bukan karena aku yang beli, tapi kaset kakakku kalau ga salah eh atau temenku ya (aaah entahlah aku lupa). Nah single hits nya itu loh yang bener-bener meledak, ngetooooop banget, “Kau Seputih Melati”. Tapi kayaknya aku baru mulai suka banget banget sama lagu itu pas barengan dengan jaman Mus Mujiono ngehits dengan single “Arti Kehidupan”. Waktu itu, seingetku kalau pas aku denger radio, playlistnya hampir selalu deretan tuh lagunya, Mus Mujiono – Arti Kehidupan, terus Dian PP – Kau Seputih Melati, Trio Libels – Bukan Sekedar Mimpi, Januari Christy – Aku Ini Punya Siapa, lagu-lagu itu beberapa diantara sering banget aku denger di radio jaman aku SMA, sekitar tahun 87-an gitulah. Baru bener-bener kenal banyak lagunya Dian PP itu pas udah masuk radio, sebagai penyiar remaja jaman tahun 90 itu, yaiyalah wong tiap hari harus ngulik lagu baru. Sementara Dian PP seingetku termasuk eksis di awal tahun 90-an itu, sekitaran 89 – 92 gitu deh, nggak cuma nyanyi sendiri, tapi banyak banget proyekannya. Dari duo dengan Deddy Dhukun pake nama 2D, terus dengan nambah 1 nama, Bagoes AA jadilah K3S, Kelompok 3 Suara, terus ada juga yang ramean bareng Malyda juga. Banyak banget hitsnya.

2D, Dian Pramana Poetra & Deddy Dhukun

Untuk formasi 2D, yang sudah dibentuk di tahun 87, dengan keluarnya sebuah album Keraguan, bisa jadi awalnya ini cuma sebuah kolaborasi iseng, tapi ternyata hits mereka “Keraguan” lumayan meledak, sangat sering diputar di radio. Nama 2D makin kuat lewat album kedua, kalau album pertama “Keraguan” berisi banyak penyanyi, tapi di album kedua ‘Masih Ada” semua lagu diciptakan dan dinyanyikan oleh 2D. Sepertinya, jaman itu judul album itu sesuai dengan single hitsnya, rata-rata begitu sih, termasuk album “Masih Ada” ini, single hitsnya pun berjudul sama. Lagu “Masih Ada” ini sangat populer di tahun 90 walau albumnya dirilis tahun 1989. Emang gila sih ini lagu, masih sama enaknya didengerin sampe sekarang.

Gaya 90-an Banget? Ya seperti gayanya Dian PP itu

Sssssttt…coba deh liat videoklip nya, aku senyum-senyum geli sendiri liatnya, bukan karena mereka tampil lucu, tapi mengingat kembali gaya tampilan di jaman itu. Style cowok jaman 90-an itu ya kaya Dian PP itu, rambut agak dijambul keriting, panjang bawah dikit, terus bajunya blazer ala-ala disampir aja di samping. Nah gaya fotonya, dulu tu ya kayak gitu itu hahahha
Kalau anak abg jaman sekarang populer dengan gaya foto dua jari membentuk V ditarok dimata, terus bibir di monyong-monyongin biar tampak seksi, nah kalau dulu…udah gaya banget tuh kalau foto tangan dipinggang terus agak nyamping, atau duduk dengan gaya nyamping, dengkul ditekuk. Ya persis kaya gaya Dian PP inilah

 

Liat videoklipnya itu, gaya Dian PP ya mewakili gaya anak muda jaman itu kalau di depan kamera hahahha

Udah ah…malah jadi ngakak sendiri inget gaya jaman dulu.

Back to topic.

Duo Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun ini terbilang sangat kompak.

Bukan saja sebagai penyanyi duo, tapi sebagai komposerpun, mereka sudah banyak menghasilkan lagu-lagu yang jadi hits. Terbukti dengan album pertama “Keraguan”, dan album kedua “Masih Ada’ sangat laris di pasaran. Ada rentang waktu yang lumayan panjang dari album kedua ke album ketiga, ada masa dimana nama Dian PP sempat menghilang, sementara pasangan duetnya, Deddy Dhukun tetap eksis sebagai komposer dan produser. Mereka kembali mengeluarkan album di tahun 1996, album ketiga yang berjudul “Sebelum Aku Pergi”.

Sayangnya, sukses album pertama dan kedua tidak berlanjut ke album ketiga.

Menurutku, reuni mereka ini seperti kurang berhasil, bahkan “Sebelum Aku Pergi’ yang dijadikan single hits pun kurang mendapat perhatian. Banyak faktor sih yang bisa jadi alasan, bisa jadi karena kurang gencar promonya, atau kalah saingan sama pendatang baru. Seingetku ya, pertengahan 90-an itu, masa dimana lagi banyak-banyaknya penyanyi baru bermunculan. Baik itu band, ataupun penyanyi solo, bahkan kelompok vokal, dari yang cuma duo sampe rame-rame. Banyak macam dan tentu saja beragam jenis musiknya. Yaah anggap saja memang era mereka sudah lewat, wajar sih menurutku. Pertengahan 90-an itu, bermunculan nama Titi Dj, Yana Julio, Elfa’s Singers, Java Jive, Dewa 19, Anggun, Slank dll dll waaaaaaaah banyak banget. So, nama 2D selesai di album ketiga, karena setelah itu nggak ada lagi lanjutannya, alias itu sebagai album terakhir mereka.

Tapiii……walau cuma menghasilkan 3 album, setiap kali ada event yang mengusung 2D, tetaplah banyak lagu mereka yang ditunggu-tunggu buat nyanyi bareng.
Seperti aku kemaren, nyaris hafal semua lagu yang mereka bawain. Nggak sampe terus-terusan teriak ikut nyanyi sih, sedikit-sedikit bersenandunglah hehehe

Gimanapun juga, aku terpuaskan dengan penampilan 2D di event 90’s festival kemaren. Udah gitu aja.

Sebagai bonus dari tulisan ini, sedikit aku berbagi kebahagiaanku dari nonton penampilan 2D kemaren, dengan kemampuan kamera hp yang terbatas, jadilah video recehan ini 😀

2 thoughts on “Masih Ada…..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s