#7HariHalu – Prolog


#7HariHalu adalah challenge 7 hari menulis cerita pendek berdasarkan lagu, yang aku lakukan bersama seorang teman, namanya Nuno. Membuat tantangan (challenge) untuk diri sendiri menulis cerita pendek? Kenapa tidak! Meski hasilnya tak sebagus tulisan penulis-penulis cerpen atau novel best seller itu. Maklumi saja, masih belajar.

Kadang butuh sebuah tantangan untuk memaksa kita melakukan sesuatu. Soal hasilnya bagus atau buruk, menang atau kalah, itu menjadi urusan belakangan. Yang penting berani mencoba tantangannya aja dulu.

Itulah yang aku lakukan bersama Nuno. Menantang diri sendiri untuk menulis cerita pendek berdasarkan lagu. Kami ini sama-sama sering tidak percaya diri dalam hal-hal tertentu. Nuno misalnya, menurutku dia tulisannya bagus, pandai mengolah kata dalam hal mereview. Tapi kadang masih aja bilang kalau ‘nggak bisa menulis’. Lha apa kabar aku??

Aku pernah membaca cerita-cerita pendek yang ditulis nuno di blognya . Menarik. Dan banyak kejutannya di ending cerita. Beberapa hari lalu, memaksa Nuno untuk menulis cerita lagi, tapi dia mengeluh katanya sudah nggak yakin masih bisa menulis cerita. Karena sekarang dia lebih fokus mengisi blognya dengan berbagai macam review, dari Hotel, Rumah Makan sampai produk apalah entahlah.

Aku tetap memaksa. Karena menurutku dia bagus kalau menulis cerita, kan sayang kalau lantas berhenti. Ah ternyata susah juga memaksa anak satu itu. Alasannya pasti adaaaaa aja, intinya merasa nggak PD. Kalau dia yang aku anggap bisa membuat cerita menarik aja nggak PD, gimana aku? Makin nggak PD dong, wong nulis blog sendiri aja masih embuh banget. Bikin cerita pendek buatku itu PR , apalagi novel. Ide di otak banyak, tapi nggak pernah tau gimana cara memulainya jadi sebuah tulisan.

Hujan dan sinyal yang nggak bagus kemaren, bikin aku bingung mau ngapain. Bosan beberes rumah yang nggak beres-beres juga. Rapih juga nggak, capek mah iya. Aku memutuskan untuk tidur saja. Karena suara hujan yang menimpa seng atap garasi itu kencang sekali suaranya, sungguh bikin berisik. Nggak ada indahnya. Jadilah aku memasang lagu-lagu di laptop. Memilih lagu-lagu baru yang sepertinya aku ketinggalan update. Biar gak kalah updatelah sama anakku heuheuheu….

Sampai di lagu Closer-nya The Chainsmoker, aku tiba-tiba teringat percakapan di kolom komen pathku bersama Chika dan Seva.

“Coba dengerin liriknya deh”.

Apaan sih. Aku tuh mengamati lirik lagu kalau memang ada kasus kusus dengan lagu itu, atau memang penasaran atau pas lagi hearing hahha. Biasanya lebih menikmati lagunya saja. Nggak peduli bagaimana liriknya. Dari obrolan itu lantas aku penasaran, emang ini liriknya gimana sih kok Chika dan Seva heboh bener.

Dengan keterbatasan sinyal, akhirnya berhasil cari lirik lagu itu. Manggut-manggut sambil membayangkan sebuah adegan sesuai dengan lagu itu. Karena dilanda kengangguran yang amat sangat, buka laptop lalu mengalirlah kata demi kata menjadi sebuah tulisan.

Aha! Sebuah cerita pendek. Belum sempurna sih, jadi nanti aku sempurnakan dulu sebelum diposting hehehhe
Dari situ mendadak aku ada ide sebuah challenge menulis. Kayaknya seru nih menantang diri sendiri. Tapi lebih seru lagi kalau ada yang ditantangin. Secara otomatis terlintaslah Nuno di otakku.

Awalnya Nuno keberatan, dengan berbagai alasan tentu. Salah satunya seperti yang selalu aku dengar, nggak percaya diri masih bisa menulis cerita. Sampai akhirnya bujukanku berhasil, setidaknya, dengan melakukan tantangan ini, bisa jadi semacam selingan buat content blognya Nuno, nggak melulu review hahaha.

Dengan sedikit ‘maksa’ munculah nama #7HariHalu, halusinasi maksudnya hahahha
Yess…selama 7 hari kedepan, kami akan tenggelam dalam halusinasi kami masing-masing. Judul-judul lagu sudah ditentukan untuk kami jadikan ide cerita pendek, dari hari pertama sampai hari ke-tujuh. Lagu apa saja itu?

Aaaah…..akan lebih seru kalau langsung dinikmati aja nanti. Biar jadi kejutan.

Basa-basinya udahan dulu yak. Sekedar prolog yang menandai challenge menulis cerita pendek antara aku dan Nuno dimulai. Prolog aja panjaaaang Jeeee……….

#7HariHalu hari pertama adalah Closer – The Chainsmoker feat Halsey. Tunggu di postingan berikutnya, sebentar lagi 🙂

Syalom,

~jeci~

Leave a Reply

