antara Manusia Bodoh dan Intim Berdua ;)


Tidak ada yang salah mencoba sesuatu yang baru,hanya jangan lupakan ‘garis merah’ dari karakter yang sudah tercipta sebelumnya

Sore ini aku tiba-tiba pengen ngobrolin tentang artis/band yang menarik perhatianku. Mungkin ini dipengaruhi oleh pendengaranku atas single yang baru saja mereka rilis. Apa istimewanya band ini??? Kenapa aku jadi tertarik buat menulisnya disini??
Buatku sangat menarik,mengingat band ini pernah mencetak prestasi dengan lagu-lagunya yang di era sekarang disebut ‘galau’,hanya saja dulu belum ada sih istilah ini hehehhe

Lalu apa yang jadi menarik? Karena aku agak memicingkan telinga (emboh piye kuwi bentuk’e) dan sedikit menarik alis ketika mendengarkan single baru mereka. Ada yang beda?atau aneh? Bisa jadi beda dan aneh,ini menurut telingaku sih 😀
Begitulah,kadang,mencoba sesuatu yang baru itu menurutku cukup ‘high risk’ ya…maksudnya,akan menjadi pembicaraan karena aneh atau tidak pas,atau mungkin acungan jempol karena berani mencoba hal baru. Bagus kalo yang kedua yang terjadi,kalo sebaliknya?
Bukan aku tidak menghargai usaha mereka untuk menciptakan hal baru sih,cuma tetap aneh aja dikupingku.

Penasaran??? Siapa sih yang aku omongin ini?? Hohoohohoo….kalau yang baca ini para MD mungkin bisa langsung menebak: aku tauuu aku tauuu hahahha

Baiklah,sekarang aku mulai ceritanya. Dan cerita itu diawali dari tahun 1995 dimana band ini baru terbentuk. Dimana tahun 1997 lalu,ada sebuah lagu yang lumayan ngetop berjudul Seharusnya,ini adalah single andalan sekaligus judul album perdana mereka.
Yang aku inget,band ini terbentuk tahun 1996, dengan anggota Ibrahim Imran (Baim) pada gitar & vokal, Iso Eddy Himawarso (Iso) pada keyboard & backing vocal, Krishna Balagita pada keyboard/piano, Suriandika Satjadibrata pada bass dan Muhammad Abdu Elif Ritonga (E’el) pada drum.Yesss….mereka adalah ADA BAND!!!

Aku akan sedikit cerita tentang Ada Band dari yang aku tau dan ingat,ditambah cari-carilah di internet untuk memastikan ingatanku gak salah hehehe namanya aja sejarah ya,akan aneh kalo beda. Jadinya aku bikin sejarah sendiri dong hahahhaa
Jadi gini, band ini mulai dikenal tahun 1997 ketika single Seharusnya mulai di perdengarkan di radio. Pernah denger??? Harusnya sih pernah ya walau mungkin saat-saat ini jelaslah udah jarang banget terdengar di radio. Tapi ini lagu ngetop banget pada jamannya,ya memang sih,menurutku cuma 1 lagu ini aja yang ngetop dari album Seharusnya yang berisi 10 track. Entah memang yang lain kurang naik atau lagu-lagu itu tidak terekam dengan baik di memoriku hihihihi.
Mungkin memang cuma 1 lagu itu yang naik ke permukaan,tapi itulah yang membuat nama Ada Band mulai terdengar menyusup diantara band-band lain yang sudah lebih dulu populer. Sayangnya,setelah itu mereka justru tidak mencetak hits lagi,malah sempet vakum selama mmmmm 2.5 tahunan lah sepertinya.

Tahun 1999 mereka kembali mengeluarkan sebuah album,album kedua mereka ini diberi judul “PerADAban”. Dan perbaikan prestasi,dari album ini,lebih dari 1 lagu yang berhasil naik. Diawali single pertama “Oughh…!!!” yang cukup sukses di pasaran dan mampu terjual 200ribu copy lebih. Lagu ini bertempo riang,tapi asyik banget di dengernya,dulu sering banget dipake buat menghangatkan suasana ketika siaran pagi hahaha pokoknya ini lagu semacam jadi lagu wajib di playlist pagi. Energik!! Mulai dari single ini sepertinya Ada Band kebanjiran off air dan nama Baim juga jadi pembicaraan sebagai vokalisnya. Suksesnya album kedua ini diteruskan oleh single kedua mereka yang lebih melow sangat melow bahkan,mungkin kalo saat itu udah terkenal istilah GALAU,ni lagu adalah GALAU PARAH. Bukan cuma musiknya yang syahdu tapi juga liriknya yang jleb jleb jleb. Itulah single “Bilakah?”,coba aja dengerin deh lagu ini,dari dentingan di intro aja udah membawa suasana hati galau,belum lagi liriknya yang seperti ini…

Oooo bilakah semua,kan menjadi nyata dalam hidup ini
Ooo bilakah cintaku terasa abadi selamanya
Pudar hilang sudah anganku kan dirimu
Tinggalkan luka batinku
Laraku mendera mendekam dalam rasa ini….

Nah ini dulu,semacam lagu wajibnya yang baru patah hati atau tersakiti hahahha….
Oya masih ada satu lagi yang sempat dirilis,lagu “Tinggalkanlah Cinta” , dari judulnya aja udah kebayang liriknya,gak jauh-jauh dari galau hahaha emang iya sih. Cuman memang sayang sih,lagu ini tidak terlalu populer seperti kedua single sebelumnya.
Dari pres release yang sempat aku baca dulu,setelah album kedua ini mulai ada perubahan dalam formasi Ada Band, Iso dan E’el hengkang kemudian masuklah Rama Yaya Moektio sebagai drummer dan menghasilkan album ketiga berjudul Tiara di tahun 2001. Dari album yang berisi 10 track ini tercetaklah beberapa hits diantaranya “Tiara”, “1000 Bayang”, “Salahkah?”, dan “Belenggu & Cinta”. Dan yang paling melesat adalah lagu 1000 Bayang,dan lewat prestasi ini mereka mulai melakukan promo tour ke daerah-daerah di Indonesia.

Dan seingetku,album ini jadi album terakhir dengan suara Baim. Karena selanjutnya Baim pun menyusul keluar dari Ada Band.
Disinilah mulai bermunculan rumors bahwa Ada Band bubar. Sepertinya,Ada Band menjadi salah satu band yang ditinggalkan vokalisnya saat itu,dan masa-masa itu memang membuat Ada Band seperti hilang dari peredaran,sampai kemudian sekitar tahun 2002 atau awal 2003 mereka bangkit kembali dengan formasi baru setelah mendapatkan vokalis yang akhirnya memperkuat mereka sampai saat ini. Donnie Sibarani. Pertama kali bergabung,Donnie masih berbadan kurus,ganteng dan bersuara seksi bagus banget. Eh sampe sekarang sih sebenernya masih ganteng dan suaranya bagus,cuma agak lebih ‘gede’ dari pertama kali muncul dulu hihihihi (eh tapi tetep ganteng lhoo hahahha)

Tahun 2003,lahirlah album yang diberi judul “Metamorphosis” ini adalah album pertama setelah Donnie dan Marshal bergabung di Ada Band. Dan luar biasa,banyak yang bilang,album ini disebut-sebut sebagai awal kebangkitan Ada Band. Kenapa??? Karena begitu single pertama muncul dengan suara Donnie,selain lagunya bagus ditambah suara Donnie yang seksi abeesss bikin single pertama dari album ini meledak dengan sukses!!!
Siapa sih yang gak tau dan ga inget lagu “Masih (Sahabatku Kekasihku)” ??
Kalau aku sih masih sangat ingat lagunya,secara dulu bisa berkali-kali muncul diplaylist,karena banyak yang request juga sih hihihi

walau badai menghadang,ingatlah ku kan selalu setia menjagamu
berdua kita lewati jalan yang berliku tajam
resah yang kau rasakan,kan jadi bagian hidupku bersamamu
letakkanlah segala lara di pundakku ini…

Setelah lagu ini masih disusul dengan lagu “Seberkas Kisah Lalu” dan yang juga sangat sering diputer adalah single “Manja”. Gak salah kalo album ini dicatat sebagai album kebangkitan Ada Band karena selain kembali terdengar kencang di radio juga membuat mereka sering tampil di TV bahkan Ada Band juga mendapat pengakuan atas kebangkitan mereka dengan muncul diberbagai ajang penghargaan musik.
Dari 4 album yang mereka hasilkan,sudah cukup membuat mereka bisa mengumpulkan lagu-lagu yang mencetak hits dalam sebuah album the best berjudul “The Best Of Ada Band – Discography” di penghujung tahun 2003.

Kebangkitan Ada Band dilanjutkan dengan peluncuran album ke-5 berjudul “Heaven of Love”. Nah kalo ditanya kapan puncak sukses diraih Ada Band??? Jawabanku adalah album Heaven of Love ini!!!
Album yang direlease tahun 2005 ini menurutku LUAR BIASA. Aku masih inget banget waktu itu,Ada Band menggebrak dengan lagu Manusia Bodoh yang liriknya….ya ampun deh.
…..
Eh intermezzo,lagu Manusia Bodoh ini sempat jadi soundtrack of my life waktu itu hahahha,sumpah kena tusuk jantungku dengan lagu itu,ya gimana ya…berasa sama dengan yang diceritakan di lagu itu,jadi manusia super bodoh gitu hahahha

tiada yang salah,hanya aku manusia bodoh
yang biarkan semua,kini permainkanku berulang-ulang kali
….
kadang akal sehat ini tak cukup membendungnya
hanya kepedihan yang selau datang menertawakanku
kau belahan jiwa tega menari indah diatas tangisanku

GLEK!!!
wes aaah lanjuuuttt…(lha kok malah ng-ariel to) hihihi
Dan Ada Band gak cukup dengan 1 lagu itu mengoyak hatiku,masih ada yang lebih miris lagi,judulnya Setengah Hati. Liat aja tuh,dari judulnya aja udah ketauan kan gimana lagunya….super duper galau. Mungkin kalau jaman dulu udah trend dengan istilah PHP,ini lagu sangat mewakili kamu yang jadi korban PHP alias Pemberi Harapan Palsu.
Lah gimana enggak sih,coba deh perhatian liriknya:

mungkin ku tak akan bisa jadikan dirimu kekasih yang seutuhnya mencinta
namun kurelakan dirimu jika hanya setengah hati kau sejukkan jiwa ini

Ki karepe piye jaaal……nek istilah jowone,ngeculke sirah nyekeli buntut hahahha….hiyuuuh tenan deh.

Cen jinguk kok lagu iki!!
ehem..ini jadi lagu wajib juga sih waktu itu hahaha eh bukan karena aku aja loh,tapi memang best request abeess!!

Selain 2 lagu yang nampol itu,masih ada lagu “Kau Auraku” yang juga gak kalah keren dan sangat sangat populer. Oh iya di album itu nyimpen juga lagu mereka dengan Gita Gutawa,pasti inget dong lagu apa itu,ya iyalah kan ngetop juga tuh. “Yang Terbaik Bagimu” walau sepertinya tidak direlease sebagai single,tapi lumayan naik juga.
Ada 1 lagu yang sepertinya,kalau aku gak salah inget,gak diservis sebagai single,tapi lagunya bagus dan jadi sering diputer juga,judulnya “Kau dan Keajaiban Kecilmu”,aku suka sama lagu itu. Enak.

Kembali lagi dengan pertanyaan,kenapa album ini dianggap sebagai titik puncak kesuksesan Ada Band,dengan lagu-lagu yang aku sebutkan tadi itu aja udah mewakili seberapa sukses album ini,ditambah dengan catatan prestasi yang dihasilkan. Terutama penjualan album “Heaven of Love” ini berhasil mencatat angka penjualan lebih dari 300ribu kopi dalam waktu lima bulan!!!
Jadi gak salah kalau mereka berhasil mendapat beberapa penghargaan,seperti penghargaan double platinum juga penghargaan Quadruple Award atau penghargaan karena mendapat 4x Platinum. Ada Band mendapat penghargaan tersebut karena ternyata album itu berhasil meraih penjualan lebih dari 600ribu kopi.
Yowes kuwilah catatan prestasi yang dihasilkan Ada Band lewat album heaven of Love,dan akupun menjadikan album itu sebagai album favorit.

Selanjutnya,mereka beruntun mencetak album,setelah Heaven of Love di tahun 2005,lanjut “Romantic Rhapsody” di awal 2006, tentu saja masih bertemakan cinta. Dari album ini keluarlah yang kemudian jadi hits, Single “Karena Wanita (Ingin Dimengerti)” terutama,ini lagu ngetopnya juga minta ampun. Sampai-sampai,karena mengangkat tema wanita,banyak produk untuk wanita yang melirik lagu ini untuk jadi theme song nya. Eiitsss….jangan dilupakan lagu yang jleb jleb ini juga,

haruskah ku mati karenamu
terkubur dalam kesedihan sepanjang waktu
haruskah kurelakan hidupku
hanya demi cinta yang mungkin bisa membunuhku
hentikan denyut nadi jantungku

“Haruskah Ku Mati” ini juga sempat jadi top request di tahun 2006 lalu. Dari lagu-lagu yang kemudian menjadikan Ada Band meraih sukses ini,tercipta image bahwa Ada Band ya memang masternya untuk lagu galau seperti itu. Belum lagi ditambah single-single yang bermunculan dari album-album berikutnya.
Dari album “Cinema Story” yang direlease pertengahan 2007, ada 12 lagu, tapi tidak semuanya lagu baru,hanya 6 lagu terbaru mereka diantaranya yang jadi single hits “Nyawa Hidupku” dan “Akal Sehat” .
Jujur mulai dari album ini,aku sudah tidak terlalu fanatik seperti di awal-awal itu. Etapi aku juga ga bilang kalo karena lagu-lagunya ga bagus lho ya….

Setahun berikutnya,Ada Band kembali merilis album,tahun 2008 keluarlah album yang diberi judul “Harmonious” berisi 11 lagu baru dengan hits single “Baiknya”. Oya,Krishna Balagita meninggalkan Ada Band juga di album ini,memang sih,sebagai band romantis tetep ada yang kurang gimana gitu ya setelah ga ada Kirshna,tapi ya sudahlahya….bukan berarti harus berhenti berkarya. Ada Band tetap melanjutkan karya musiknya dengan membuat album baru lagi di tahun 2009. Pokoknya sejak tahun 2004 itu,Ada Band sangat produktif,nyaris setiap tahun merelease album. Setelah 2 album sebelumnya berisi lagu-lagu hits mereka,di album rilisan 2009 “Mystery of Musical” inipun tidak semuanya lagu baru,menjadikan lagu Pemujamu sebagai single andalan dan ada beberapa lagu lainnya diambil dari album “Cinema Story” dan “Harmonious”.

Terakhir,album Empaty,direlease tahun 2011 dengan 2 single hits,”Sendiri” dan “Maunya Kamu”,aku merasakannya,di album ini Ada Band mulai menciptakan lagu-lagu yang istilahnya ‘jualan’ , harmonisasi musik yang simple dan lirik yang gampang di ingat,tak apalah. Oya,menutup album itu,di penghujung tahun 2012 lalu,Ada Band sempat melepas sebuah single lagi,sebuah lagu galau,yang sebenernya,aku suka dengernya,“Takkan Bisa”. Waktu aku denger pertama lagu ini,spontan komentar,”Ada Band nih!!!”. Yess…Aku suka bukan karena lagu ini romantis dan galau,tapi menurutku,Ada Band itu ya seperti ini. Gampangnya,ini lagu ‘Ada band banget’. Menurutku siiih….

Nah…..sampailah di topik utama,hal yang sesungguhnya aku pengen omongin.
Beberapa hari lalu aku menerima lagu barunya Ada Band yang berjudul “Intim Berdua”. Lah terus kok sampe aku jadi pengen menulis tentang Ada Band?? Ya karena….karena menurutku lagu barunya Ada Band ini ummmmm gimana ya bagus siiih….tapi kok gimanaaa gitu.

Usaha yang bagus sebenernya dengan mencoba warna baru,cuma seperti komentar beberapa temen MD ku,ada yang seperti ‘dipaksakan’ disitu.

Yak…berbeda jauh dengan single-single yang pernah diciptakan,dalam single “Intim Berdua” ini bukan saja lagunya yang berbeda,tapi Ada Band mengajak rapper bernama Mansen Munthe mengisi part rap didalamnya.
Kalau mereka bilang,Ada Band ingin membuat music yang lebih dancy dari sebelumnya, bisa jadi single ini sebagai sebuah pembuktian bahwa Ada Band juga mampu menciptakan music yang Up Beat.
Dari sisi suara Donny,gak ada yang berbeda,tetap seksi dan khas,dan dalah hal ini,aku tetap suka. Musiknya sendiri,unik dan beda memang,cheers dan fun,tapi entahlah secara pribadi,aku kehilangan ‘roh’ dari Ada Band yang sesungguhnya.

Ya….benar,aku kehilangan Ada Band dengan lagu romantisnya,hmmmm atau mungkin,ada kejutan lain nantinya dari album baru itu. Yang aku inget,ketika ketemu Marshal dan Donny tahun lalu,ada komentar dari mereka,”Walau ada lagu yang gak biasa,tapi pasti ada yang Ada Band banget kok di albumnya”
Baiklah,aku masih berharap ‘kejutan’ itu beneran ada,lagi-lagi menurutku,ada artis/band yang memang lebih pas membawakan lagu-lagu romantis dan melankolis,salah satunya adalah ADA BAND ini,memang Ada Band tetap lebih pas dengan lagu-lagu romantis gitu ya….gimana menurutmu??

Yang aku tulis disini itu semua persepsiku secara pribadi gimanapun,sebagai seorang Music Director,aku tetap mendukung kreativitas teman-teman musisi,seperti apapun yang mereka ciptakan.

Tapi…tapi….aku sebagai pribadi,boleh dong kalo berharap Ada Band melesat lagi dengan single-single mereka seperti dulu. Atau memang era musik sekarang yang sulit di prediksi??

Semoga teman-temanku musisi tetap tidak lelah berkarya.

Mencoba sesuatu yang baru?? Tidak perlu takut,karena tidak selamanya hal itu akan gagal,bisa jadi malah sebaliknya kan? kalau tidak berani mencoba gimana bakal tau itu akan berhasil atau tidak? iya kan….

Mendapat kritikan? Terima dengan kebesaran hati,karena kritikan selalu dibarengi dengan masukan. Bukan cuma sekedar nyinyir tanpa alasan.

Wooy….aku ndak nyinyir yaaa…..*plak!!!!!

ADA BAND,aku anggap sebagai salah satu band yang justru meraih sukses setelah berganti vokalis

Ada Band with Me

Semoga masih banyak kemungkinan untuk ADA BAND kembali sukses seperti dulu,selalu kompak dan tidak berhenti berkarya.

Keep GALAU guys…..

Syaloom 🙂

~jeci~

Advertisements

14 thoughts on “antara Manusia Bodoh dan Intim Berdua ;)

  1. Mamih… aku cintah bgt sama lagu-lagu band ini. Tapi ya itu…aku sependapat dengan Mamih kalau yg terakhir itu semacam kehilangan roh “ke-adaband-annya” *halah mbuh istilah apa kuwi” 😛

    Like

  2. sejujurnya, akupun kehilangan Ada Band yang dulu.. Karena lagu lagu Ada Band yang dulu baik itu waktu masih zaman Baim dan waktu awal-awal Dony baru gabung itu lagunya lebih nempel di otak ku

    Like

  3. Iya.. Setujuu bgt kak.. Aku jg ngerasa ada yg beda gitu sm ada band sejak album mystery of musical.. Terutama wktu dengerin lagu intim berdua.. Kdg2 ngerasa kangennn bgt sm lagu2 mereka yg dulu,,terutama lagu2 yg di album heaven of love :’) tapi, gimana yah?? Sebagai fansnya, aku akan mendukungnya selalu jg sih, dan ttp berdoa semoga mereka bisa bikin lagu2 yg romantis dan galau kyk dulu lagi.. :”) pokoknya ttp cinta sm suaranya bang donnie :”D

    Like

    1. hehehhe….
      Itu sepertinya cuma semacam ‘teaser’ aja sih kayaknya.
      Kesini-kesininya mereka masih mengembalikan ‘roh’ nya,ya kalau gak ada inovasi jadi stuck dong ya….
      Setidaknya,mereka ‘tidak berhenti ditempat’,itu sudah prestasi sih menurutku…

      Like

  4. Album yang paling aku suka adalah Metamorphosis, Heaven of Love, dan Romantic Rhapsody. Tiap ak dengerin salah satu lagu di album tersebut membuat aku teringat akan kenangan2 ama sang mantan (Halah ikut galau malah 😛 ).
    Secara pribadi aku menilai Ada band kehilangan karakter musik mereka setelah kepergian Krisna yang telah banyak membuat fans mereka kecewa.. termasuk aku :).
    Harapanku.. semoga Ada Band bisa menciptakan karya2 yang berkualitas sperti di album2 sbelumnya.
    Oya dlu waktu Donnie pertama msuk di Ada Band, waktu masih kurus dan culun di MV “Masih (Sahabatku Kekasihku)” banyak tmen2 bilang mirip ma ak.. hehe

    Like

  5. ya,aku sependapat…lagu intim berdua dan beib sedikit menghilangkan sense ada band nya. secara keseluruhan aku suka…tapi ,lagu yang sangat mengena dihatiku adalah “semenit waktu”

    Like

  6. Ya mba aq S7 bnget,, dan menurut aq jga ada band mngkin kehilangan arah ketika mas krisna kluar,, karna semacam hilanglah pemanisnya gtu, ya tpi aq slalu support kok mas donnie dan kawan2,, mohon izin share ya mbak.. Hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s