pada akhirnya: dipilih untuk dilukai


PHP = Pemberi Harapan Palsu

Istilah itu belakangan ini cukup familier,sering mendengar….
Sebenernya yang seperti apa yang masuk dalam katagori PHP itu???

Menurutku,kalo si oknum lantas mendapat predikat si PHP itu terdengar kejam,seperti sama saja mengatai si Pemberi Harapan Palsu ini sebagai penipu (hati) atau yang sering mempermainkan hati seseorang.
Ada banyak sisi yang bisa di lihat,bagaimana itu terjadi,tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Karena menurutku,bila terjadi sebuah keadaan dimana yang satu merasa di beri harapan,sementara yang satunya merasa,cuma sekedar baik tapi bukan berarti memberi harapan juga.
Nah……repotkan….
Ada cerita dari beberapa teman yang terjebak dalam kasus seperti itu,dan kebetulan semuanya perempuan…..
Pada intinya semua sama kondisinya,sering ketemu,sering ngobrol,merasa cocok dan nyaman,berinteraksi sangat sering entah dengan cara apa aja,lalu tiba-tiba entah apa kejadiannya…si cowok mulai menghindar…mulai tidak lagi sama seperti biasanya.
Sebenernya memang belum ada sebuah kesepakatan apa-apa diantara keduanya,tapi si wanita sudah terlanjur jatuh cinta dan merasa bahwa si lelakipun memiliki perasaan yang sama. Kalau yang usianya baru sebulan dua bulan…mungkin tidak terlalu menyakitkan,hanya kehilangan ‘sebuah rutinitas’ aja sepertinya,jadi merasa….uring-uringan sendiri.
Ada satu temanku yang……terjebak sangat dalam,artinya bukan bentuk hubungannya,tapi interaksinya….
Berawal dari seringnya bereka bertemu dalam sebuah aktivitas yang sama,akhirnya merasa klik ketika saling bercerita,si lelaki merasa nyaman dan seru dekat dengan si wanita,tapi bukan berarti dia jatuh cinta terhadap si wanita….mmmm sayang mungkin iya,tapi cinta….sepertinya tidak,karena menurutku,kalo cinta,si pria akan memperjuangkan dan mempertahankan si wanita untuk menjadi miliknya. Tapi yang ku lihat (dan yang aku tau pasti) si pria ini…..sayang dalam arti,ngeman kalo kata orang jawa,sebagai adik mungkin ya yang dengan senang hati menasehati,mengarahkan dan memperhatikan…..
Si pria,yang juga temanku ini,memang tipe orang yang baik,sangat baik bahkan,dengan siapapun dia akan menunjukkan perhatian dan sayangnya. Tapi kondisi dimana akhirnya,si wanita jatuh cinta,ini cukup merepotkannya. Disisi lain,dia tidak mau terlalu melukai hati si wanita,dengan langsung pergi dan menghindar begitu saja,tapi di sisi lain,dengan dia tetep baik dan memberi perhatian itu akan menebalkan rasa cinta dari si wanita. Nah……kalo melihat dari sisi ini,apakah si pria bisa masuk dalam katagori si PHP???
Menurutku tidak juga….hanya saja,aku juga tidak mengerti,kenapa si pria masih tetap mempertahankan ‘kebaikan hatinya’ kepada si wanita???maksudku disini,ketegasan itu penting dari seorang pria untuk menyatakan bahwa dia tidak memiliki perasaan yang sama dengan si wanita. Sepertinya,ketegasan itupun sudah di ambil oleh si pria….tapi ketika si wanita tetap memutuskan untuk stay???apalagi yang bisa dilakukan oleh si pria???
Aku pernah menasehatinya untuk sebelum sampai larut,mending tekan kuat-kuat rasa hati dan perlahan mundur sebelum sampai benar-benar mencintai dan akhirnya sulit untuk melepaskannya. Karena pada akhirnya,cepat atau lambat,si wanita yang akan menjadi korban….akan terluka dan sangat menyakitkan. Itu aku sangat tau bagaimana rasanya,been there….
Akhirnya,belakangan ini yang aku lihat adalah,ratapan hati si wanita atas cintanya yang tak pernah mendapat tempat selayaknya. Aku hanya bisa melihat,rasanya ingin bilang,“Heyy…i’ve told youuu,see????”

Beberapa teman yang punya kasus sama,aku menasehati hal yang sama……mau cinta seperti apapun kamu sama dia,kalau dia tidak memiliki perasaan yang sama denganmu,percuma kamu stay,percuma kamu tunggu…..karena pada saatnya nanti,dia akan bertemu dengan orang yang benar-benar dia cintai dan akhirnya…..kamu dipilihnya untuk dilukai. Its hurt!

Hampir sama dengan kasus si teman wanitaku yang lain,terjebak pada kebaikan dan perhatian seseorang,yang itu…sudah memiliki pasangan….mau berharap apa???berharap untuk tetap di perhatikan?untuk tetap disayang?seberapa besar dia bisa berikan itu?seberapa lama dia bisa bertahan melakukan itu???tidak akan lama……
Kecuali,kamu sudah memegang sebuah komitmen dalam dirimu sendiri bahwa kamu siap selalu cemburu,siap sewaktu-waktu di kesampingkan,bahkan juga siap sewaktu-waktu ditinggalkan…
Lah udah tau kondisinya begitu,pake acara jatuh cinta,ujung-ujugnya pake ati jugakan….ketika semua seperti yang kamu harapkan,tentu saja seperti bahagia dan berbunga-bunga,tapi sadar tidak bahwa kebahagiaan itu hanya semu….kamu sebenernya tidak sungguh-sungguh bahagia,hanya ‘merasa’ bahagia,itu saja. Begitu endingnya mulai dingin…mulai perlahan menghilang mulai deh menggalau nangis-nangis…..lah kan udah tau resikonya. Si cowok bukan PHP juga kan,tapi mungkin dia memang senang dan nyaman deket kamu,tapi gak mungkin juga kan jadi gila jatuh cinta betulan sama kamu dan harus meninggalkan istri dan anaknya? Itu sangat tidak mungkin…..pahami posisimu,sadari kekuatanmu….tak ada yang abadi untuk dipertahankan dan diperjuangkan….

Bisa jadi aku orang yang tidak tepat atau tidak layak menasehati kasus seperti itu,bagaimana dengan aku sendiri???yang juga masih berkubang di lubang yang sama,bertahun-tahun tanpa bisa beranjak sedikitpun???
Justru itu….justru karena itulah,aku tidak ingin teman-temanku terperosok di lubang yang sama,karena itu……gak enak banget!! Jadi sebelum sampai ‘kadaluarsa’ seperti aku,aku mencoba mencegahnya….
Ibarat katakanlah,aku sudah menderita penyakit ‘kanker’ dikarenakan sesuatu,nah aku sudah terlanjur,sementara yang belum terlanjur,aku segera menasehati supaya tidak mengalami seperti aku.
Tapi yo cen angel sih nek wes ngomongke soal ati……mau dibilang kayak apa juga ga mempan….yaah kadang aku cuma membiarkan mereka seperti pilihannya,yang jelas,aku sudah pernah ngasih tau……
Biasanya sih ya……balik lagi ke aku dan curhat nangis-nangis gitu….aku enak aja sih bilangnya,“Kan aku udah pernah ngasih tau” hmmm terdengar jahat sih jawabanku,tapi mau bilang apa…emang aku udah pernah ngasih tau kan….

Huff…….seandainya aku bisa……sometimes,i hate my self!!!

*ditulis ketika hujan pertama turun di musim ini*

~jeci~

Leave a Reply

