We are: MUSIC DIRECTOR


hari ini…..akun twitterku jecii mendadak isinya tentang noah noah dan noah beberapa diantaranya sampe bbm aku dan bertanya: sebenernya apa sih Noah itu…
Dan yang bertanya itu pasti bukan orang entertain,atau yang tidak terlalu update dengan musik….wajar bertanya seperti itu karena memang seharian temanya hanya itu.
Noah….itu adalah nama baru dari Peterpan,yang notabene adalah band-nya Ariel. Nama baru itu semacam ‘buang sial’ selepas Ariel keluar dari ‘karantina’ sekian lama,menurutku sih begitu. Bukan hal yang baru band berganti nama untuk sesuatu yang baru,entah itu personilnya,musiknya atau bahkan semangatnya yang baru.
Bukan cuma nama band kali’ ya,apapun kadang bisa berganti nama untuk membuang ‘hawa’ lama yang dirasa tidak enak untuk mendapatkan atmosfir baru. Jadi menurutku,sah-sah aja Peterpan memutuskan berganti nama dengan nama Noah dengan harapan ada suasana dan keberuntungan yang baru dan meninggalkan cerita lama yang tidak mengenakkan.
Kenapa tiba-tiba aku bicara soal Noah di blog-ku ini,bukan soal pribadi seperti biasanya? Karena secara pribadi,aku ‘mendapatkan’ energi yang beda disini,bukan Noah atau materi Noah nya,tapi Noah menjadi sarana untuk membuktikan kekompakan dan solidaritas yang cukup tinggi dari kami,para MD yang tergabung dalam Assosiasi Music Director Indonesia atau AMDI.
Yesss….
Musica sebagai label yang menaungi Peterpan atau sekarang adalah Noah,menggandeng radio yang MD nya tergabung dalam grup AMDI untuk memutar perdana secara serentak tepat hari Jumat tanggal 3 Agustus jam 3 sore lebih 8 menit.
Akan pusing membayangkan bagaimana me-range ratusan radio di seluruh Indonesia bila itu dilakukan sendiri,dan Musica tidak mengurus semuanya sendiri tetapi melibatkan AMDI,dimana ada Gilang MD Mustang Jakarta sebagai ketua yang mengkoordinir para MD. Dan disinilah kekuatan AMDI,dengan ‘bagan’ ketua dan dibawahnya ada para korwil (koordinator wilayah) di setiap bagian daerah di seluruh Indonesia. Dari ujung pulau Sumatra,Kalimantan,Sulawesi,Jawa dan Bali,tersebar beberapa korwil yang membackup seluruh kegiatan AMDI.
Dari Aceh,Medan dan sekitarnya ada Hafidz MD Visi Medan dan Arie MD Most Medan. Sumbar,Riau,Jambi,Pekanbaru dan sekitarnya ada Revi MD Sushi Padang. Sumatra Selatan, Lampung dan sekitarnya ada Joy MD Momea Palembang. Lalu daerah Jawa,dari Jakarta dan sekitarnya ada Bhita MD iRadio dibantu temen-temen yang lain,lalu untuk Banten dan sekitarnya ada Yunia MD Banten Radio. Jawa Barat sendiri masih dibagi dengan wilayah Bandung yang punya koordinator sendiri,mengingat Bandung memiliki banyak radio serta banyak MD,ada Bolyn dari Global Radio yang jadi korwilnya,sementara Jawabarat dan sekitarnya ada Deddi MD Lesmana Bogor juga Doel MD Cirebon Fm Cirebon. Untuk Jogja – Jateng dan sekitarnya,aku yang jadi koordinator utama dibantu Reza MD Pro2 Semarang untuk wilayah Utara Semarang dan sekitarnya. Jawatimur ada Jule MD Istara Surabaya. Bali dan sekitarnya ada Erly MD Pinguin dan Wibi MD Phoenix Bali. Kalimantan yang luas ada 2 koordinator,Ikhsan MD M-Martapura dan BengQ MD Balikpapan. Sulawesipun memiliki 2 koodinator, Iko MD Madama Makasar dibantu Giby M-Radio Kendari.
Nah…para korwil inilah yang berada di belakang sang ketua untuk mengkoordinir semua MD di wilayah masing-masing bila ada hal-hal yang urgent.
Tentu saja keberadaan korwil ini sangat membantu bahkan sangat berpengaruh atas kelancaran dan ketepatan waktu dalam mengkoordinir para MD. Dan luar biasanya,semua MD dengan senang hati berkoordinasi dengan para korwil dalam hal apapun.
Contohnya saja dalam hal premiere serentak singlenya Noah ini,dalam waktu cuma beberapa jam,setelah di info oleh ketua korwil Deddi MD Lesmana Bogor (eh iya,untuk para korwil sendiri ini ditunjuklah Deddi MD Lesmana Bogor sebagai koordinator yang memediai antara korwil dan ketua demi kelancaran bersama) semua korwil langsung bergerak cepat,tentu saja dibantu oleh para MD sendiri yang dengan segera menghubungi para korwil untuk berkoordinasi. Alhasil,dalam hitungan jam semua data sudah berhasil dikumpulkan oleh para korwil. Tentu saja tidak lantas langsung beres,karena mengingat banyaknya MD yang tidak semua bisa langsung memberi kepastian. Tapi hanya dengan beberapa hari,semua data fix sesuai deadline dengan terkumpul total 225 radio diseluruh Indonesia!!! Dan itu semua berkat para korwil yang dengan senang hati melayani temen-temen MD di wilayah masing-masing. Good Job Korwil!!
Hasil dari semua itu adalah,tepat sesuai yang direncanakan,jam 3 sore lebih 8 menit di hari Jumat ini,premiere single Noah – Separuh Aku benar-benar di putar secara serentak di 225 radio di seluruh Indonesia,dampaknya,semua pemutaran itu banyak ter-update di twitter,bahkan di timelineku yang nyaris 75% adalah MD,berisi semua info tentang pemutaran perdana single Noah. Tidak sia-sia,update serentak dengan jumlah ratusan itu menembus catatan Twitter Trending Topic World!! WOOW!!!

Trending Topic World

Bisa terbayang kepuasan wajah lelah tim promo Musika Ria dan Mbak Dewi melihat hasil kerja kerasnya membuahkan sesuatu yang mungkin diluar dugaan.
Yah….ini membuktikan,seburuk apapun yang pernah dilakukan Ariel secara pribadi,tidak membuat kami,sebagai media lantas tidak mendukung hasil karyanya. Bagaimanapun,yang kami lihat adalah karya,bukan sekedar sisi buruk attitude dari personilnya.
Dan inilah bentuk profesionalisme kami sebagai MD sebuah radio yang tetap menghargai sebuah karya,selama karya itu memang layak tidak ada alasan buat kami lantas mem-blacklist materinya. Dan ada banyak hal yang mendukung,selain secara materi memang pantas,sebagai band yang pernah sangat populer,Peterpan adalah salah satu band yang fenomenal di Industri Musik Indonesia,menurutku. Bukan saja karya-karyanya yang diawal pemunculannya sangat fenomenal yang akhirnya membawa trend musik tersendiri,diluar sisi buruk yang pernah terjadi,tidak menutup mata bahwa Peterpan sempat mencetak prestasi tersendiri di dunia musik Indonesia.
Akhirnya,selamat buat Noah. Say goodbye to Peterpan and say Hello to Noah!!!
Semoga karyanya yang baru ini menambahkan warna di indistri musik Indonesia. Dan menciptakan fenomena baru yang semoga bisa jadi semangat positive untuk musisi-musisi lainnya.
Bila banyak orang memprediksi bahwa kehadiran Noah akan menggeser trend musik Boyband/Girlband atau genre musik tertentu,aku tidak sepenuhnya sepakat dengan hal itu,kenapa? Karena menurutku aliran musik mereka berbeda,dan pasti punya pasar yang berbeda juga.
Menambahkan trend,bisa saja itu terjadi…tapi tidak menghilangkan trend yang ada. Bisa jadi begitu.
Dan harapan terbesarku atas hadirnya Noah ini adalah,bisa menjadi panutan musisi-musisi baru,baik itu secara musikalitas ataupun attitude,dan menurutku,justru attitude-lah yang utama. Semoga…
Sekali lagu,semoga sukses untuk Noah. Dan tentu saja bravo MD’rs!!!
Great Job buat ketua AMDI,dan para korwil. Keep brotherhood!!

Kita adalah sebuah ‘keluarga besar’ yang tetap menjunjung tinggi profesionalisme dan kebersamaan sebagai MUSIC DIRECTOR!!

Keep Spirit High! Me,You and Us !!

We are MUSIC DIRECTOR!!!

Syalom
~jeci~
Music Director RCM Radionet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s